Beranda > Muamalah > Pentingnya Akuntansi Keuangan

Pentingnya Akuntansi Keuangan

Memiliki dan mengelola bisnis adalah hal yang menantang, dan merekam jejak keuangan adalah contoh yang paling nyata. Bidang khusus yang menangani akuntansi untuk bisnis disebut dengan akuntansi keuangan dan menyediakan individu yang terhubung antara bisnis dengan informasi kinerja dan posisi keuangan perusahaan.

Informasi ini biasanya diberikan pada pemegang saham yang ingin mengumpulkan nilai perusahaan berdasarkan informasi yang mereka dapatkan. Ini mengatur transaksi perusahaan dengan mencatat transaksi-transaksi tersebut dan membuat laporan keuangan yang merangkum data dalam neraca dan perhitungan laba-rugi. Laporan ini kemudian digunakan untuk menentukan nilai perusahaan. Jika perusahaan di perdagangkan secara terbuka, laporan keuangan ini akan berputar lebih luas, ke konsumen, pesaing serta karyawan.

Manajemen diberi  tugas untuk menggunakan dana bisnis agar bisnis bisa berjalan secara ekonomis dan efisien. Akuntansi keuangan bisa digunakan untuk menilai efektivitas manajemen dengan menunjukkan pengeluaran sumber alokasi dan memantau menilai apakah manajemen harus dipindah ke departemen lain atau digantikan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Penting dicatat bahwa ini memberikan informasi pada individu yang mencoba untuk menentukan nilai kelayakan perusahaan dan tidak melaporkan nilai dengan sendirinya. Laporan ini diberikan pada individu yang ada diluar perusahaan dan bisa menyebarkan dengan luas, bahkan mencapai kompetitor perusahaan dan sumber lainnya.

Ini  hal penting bagi pemegang saham yang tertarik dalam menentukan nilai perusahaan, dimana mereka memiliki bagian. Dengan merekam data ini akan membantu perusahaan menilai manajemennya serta sumber yang mereka alokasikan untuk menjalankan perusahaan dengan lebih baik, dan laporan keuangan membantu menentukan efektivitas manajemen perusahaan.

Gaji level eksekutif berdasarkan kinerja perusahaan. Jika kinerja perusahaan tidak dilaporkan dengan cara yang benar, eksekutif menghasilkan uang yang melebihi dari  yang bisa dihasilkan oleh bisnis dan menciptakan gambaran kinerja perusahaan yang salah. Laporan yang salah ini menyebabkan pasar saham yang menggelembung dengan memberikan saham ke perusahaan yang tidak layak, dan metode ini memberikan dampak yang buruk pada perekonomian.

Oleh: Uma Ilango

Sumber:www.EzineArticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com

Kategori:Muamalah Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: